SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Jumat, 27 Mei 2011

Mengukur menggunakan Multimeter Digital

Mengukur menggunakan Multimeter Digital

Alat-alat yang dibutuhkan :
1. Multitester Digital/Analog, lebih bagus Digital, karena hasilnya lebih akurat terbaca.
2. DC Power Supply, diatur Voltagenya antara 3,6V – 4,1 Volt.
3. Kabel jumper. (Utk PCB yg Connector Batterenya terpisah, maka kabel jumper hrs disolder ke PCB (Kutub Batt + dan -) baru dihubungkan ke Power Supply. dcpowersupply.jpg




Persiapan Pengukuran : 1. Nyalakan Power Supply, atur tegangannya 3,6 s/d 4,1 V.
2. Solder 2 buah kbl jumper, satu kabel di Kutub + Batt (Boleh juga di C165), dan satu kabel lagi di kutub Batt – atau di GND mana saja. lalu kedua kabel tsb dihubungkan ke Power Supply

I. Pengukuran Tegangan pada Ponsel Nokia DCT3 (Ct : 8210/8250)
Tegangan penting yg harus diukur : 1. Power ON di Switch On/Off = 3,6V s/d 4,1 V
2. VBB = 2,8 V
3. VCore = 1,8 V
4. VCP = 4,8 V
5. VCOBBA = 2,8 V
6. VREF = 1,5 V
7. VXO = 2,8 V
8. PURX = 2,8 V
Power On : Tegangan dari batt –> CCONT -> Saklar.
VBB (Voltage BaseBand) = Teg. untuk bagian baseband spt IC UI, CPU, LCD, COBBA, IC Flash, dll
VCore = Tegangan Digital utk CPU sbg Processor.
VCP = Voltage Charge Pump, teg. untuk IC Regulator ke VCO & IC RF
VCOBBA = teg. Digital untuk IC Audio COBBA
VREF = Teg. referensi clock untuk IC RF HAGAR (sbg Frequency Synthetizer) dan untuk IC Audio COBBA (sbg Automatic Frequency Control) dlm mengatur RF Clock 26 Mhz.
VXO = Voltage Xtal Oscillator, tegangan utk IC Crystal 26 Mhz
PURX = Power Up Reset -> Signal Reset utk CPU dari CCONT utk mulai bekerja.
Tegangan CCONT.JPG
Langkah-langkah Pengukuran :
1. Setelah Persiapan Pengukuran sdh dilakukan, maka siapkan Multitester. (Bila ada yg belum mengerti cara penggunaan, bisa baca petunjuknya lebih lanjut di sini : Petunjuk Penggunaan MultiTester Digital
2. Putar Skala Multitester ke DC Volt 20
3. Tempel Kabel hitam ke Ground. Dan Kabel Merah ke kaki saklar On/Off +, (bagian bawah). Baca tegangannya, hrs menunjukkan angka >3,6V. Dan jika saklar ditekan hasilnya harus 0 V. Jika tdk ada teg. Power On, HP tdk bisa hidup, namun jika dicharge akan muncul gambar battere sdg dicharge, solusinya cek Ccont, R118(resistor Power On) dan jalur Power On (Batt –> Ccont kaki E4 –> Switch on/off.
4. Kabel merah pindah ke C152, tekan On/Off, maka hasil nya harus 2,8 VXO, Jika VXO tdk keluar, otomatis HP akan matot, karena Crystal tdk bekerja mengeluarkan frekuensi 26 Mhz utk IC RF, yg nantinya oleh HAGAR akan dibagi 2 menjadi 13 Mhz dan akan dikirim ke CPU, sebagai RF Clock. maka dari itu cek CCONT, jika VXO tdk muncul.
5. Kbl Merah ke C107, VBB = 2,8V, jika tdk keluar, HP akan matot, cek CCONTnya.
6. Kbl merah ke C108, VCP = 5V, jika tdk keluar, HP akan No Signal, manual searching lsg No network dlm waktu singkat. Cek CCONT.
7. Kbl merah ke C140, VCore = 1,8V, jika tdk keluar, HP akan matot, karena CPU tdk akan bekerja, oleh karena itu cek CCONTnya. Bila Vcore <1,0V ada kemungkinan bisa dari CPU short, atau CCONT lemah.
8. Kbl merah ke C133, VCobba = 2,8 V, jika tdk keluar, HP akan muncul “Contact Service” dan di info di UFS COBBA s/n = 000000, karena Cobba tdk dpt bekerja akibat tdk ada tegangan. solusinya cek CCONT.
9. Kbl merah ke C106, VRef = 1,5V, jika tdk keluar, gejala pd HP No Network, karena teg. referensi utk IC HAGAR tdk ada. Solusinya cek CCONT.
10. Kbl Merah ke J227, PURX =2,8V (Joint 227 = sambungan ke kaki B13 CPU), Jika PURX tdk keluar, maka HP akan matot, karena CPU tdk mendapat Signal Power Up Reset dari CCONT.
Setelah semua teg. keluar pertanda CCONT dalam hal ini berfungsi sbg Regulator (Pembagi tegangan) telah berfungsi dengan baik. Fungsi lainnya dari CCONT sbg Penguat frekuensi Sleep Clock dari 32 Khz crystal yg dpt diukur dgn Frequency Counter. Juga tugas lainnya sbg PWM (Power Management) pengontrol Charging, Tegangan SIM card, dll.

Cara menentukan kutub GND dari Capasitor itu mudah:
Pakai Multitester & skala Continuitas (Bunyi Suara).
Tempel salah satu kbl Multitester di Ground PCB. dan satu lagi di salah satu kutub Capasitor.
Jika Multitester berbunyi pertanda itu adalah kutub GND Capasitor.
Dan kutub GND tdk akan mengeluarkan tegangan (alias 0V).
Sehingga tegangan berada di kutub yg satu lagi. Disitulah kita menempelkan jarum Multitester warna Merah untuk melakukan Pengukuran.
Dan kutub tsb tdk boleh terhubung ke GND, jika kedua kutub Capasitor terhubung ke GND, pertanda Capasitor Short, atau jalurnya short.

kalo Ngukur Resistor itu, yg paling baik adalah dicabut.Lalu diukur pakai Multitester sesuai petunjuk.
Tapi kalo gak dicabut juga bisa lsg diukur di PCB nya. Karena Resistor di PCB kecil, mudah hilang, jadi diukur lsg saja. Lsg terbaca nilainya…
Namun jika Resistor ini terhubung Paralel dengan resistor atau Capasitor lainnya, maka hasilnya kaan berubah. Oleh karena itu dilihat dahulu di skema mengenai bentuk Rangkaiannya. Jika diparalel kedua kutubnya dengan komponen lain , maka pengukuran harus dicabut.

Karena mengukur Resistor tsb, ikut juga terukur temannya. jadi hasilnya pasti beda.
Namun jika tdk/ misalnya dirangkai seri,maka tdk perlu dicabut, lsg ukur saja.
Mengenai Resistor yg kalo kena panas, nilai tahanannya berubah. Itu namanya Thermistor.. (Thermal Resistor). Jika kena panas, tahanannya kaan mengecil, namun akan naik kembali hambatannya jika suhu sudah normal kembali.
Contoh Thermistor (NTC) pd Ponsel Nokia 3210 di COnnector Batt + nya.

Kalo ngukur resistor jd jgn panas2 lsg diukur, tunggu normal dulu suhunya baru diukur dech..

Tidak ada komentar: