SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Sabtu, 25 Juni 2011

Konsultasi AC


Disini anda bisa konsultasi masalah peralatan pendingin, cukup E-Mail ke :

arief@service-ac.biz

Pertanyaan anda akan kami muat di halaman ini beserta jawaban dari TIM ARIDYA SUPERVISI


Tanya:

AC saya sering mengeluarkan suara aneh dari indoor, seperti letupan kecil, tapi masih dingin, kira2 kenapa ya?
(Heriyanto, BSD)

Jawab:

Kalau suara yang timbul seperti gemericik air, itu normal, tapi untuk kasus bapak, sepertinya ada kotoran (kerak,oli,dsb), yang terdapat didalam pipa indoor, tetapi kotoran yang ada tidak terlalu banyak julahnya, sehingga AC masih dingin

(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)

Tanya:

Kulkas saya selalu tidak dingin pada malam hari, dan juga ada suara keras, kira2 kenapa ya?


Jawab:

Kemungkinan besar listrik ditempat Bapak tidak stabil (tegangan pada malam hari sangat rendah) sehingga tidak cukup untuk mengoperasikan kulkas secara normal.
Coba gunakan stabilizer yang bisa Bapak beli di toko-toko peralatan listrik, biasanya hal ini bisa membantu, sehingga kulkas bapak dapat beroperasi secara normal.

(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)


Tanya:

AC saya tidak dingin, saya sudah panggil teknisi, menurut mereka kotor, dan freon masih cukup, tetapi setelah diservice tetap tidak dingin, lagipula anginnya kecil.

Berkali-kali mereka lakukan service, tapi hasilnya sama saja, apa yang harus dilakukan untuk masalah ini?

Eko, Karawaci


Jawab:

Sepintas berdasarkan apa yang bapak jabarkan, masalah AC bapak sepertinya kotor. Tetapi kotoran sudah sangat menumpuk dan berkerak, mungkin saja selama ini perawatannya kurang baik. Masalah ini bisa diselesaikan dengan melakukan service besar, dalam artian unit indoor perlu dibongkar total, baru dilakukan pembersihan. Mudah-mudahan ini bisa menyelesaikan masalah yang bapak alami.


(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)



Tanya:


AC saya baru saja diservice rutin, setelah service malah tidak bisa dihidupkan dengan remotenya. Menurut teknisinya modulnya rusak, tapi saya bingung, sebelum diservice kan tidak apa-apa, apa mereka salah waktu mengerjakannya ya?

Bobby Susanto, Cikarang


Jawab:

Pak Bobby, kalau sebelumnya AC bapak normal, berarti ada yang salah pada proses pengerjaan service, bisa saja modulnya terkena percikan air, atau receiver remotenya basah. Hal ini memang sering terjadi, terutama bila teknisi tidak/kurang berhati-hati. Untuk solusi yang paling mudah, biasanya cukup dengan mengeringkan modul/ reciever dengan menggunakan hair driyer atau dijemur, tetapi bila tidak bisa juga, biasanya ada part  modul atau receiver yang harus diganti. Karena bila basah dan dihidupkan, biasanya terjadi hubungan arus pendek yang bisa menyebabkan kerusakan komponen modul atau receivernya.


(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)


Tanya:

Kulkas saya kok bunga es nya hanya sebagian ya?, 6 bulan yang lalu diperbaiki, menurut teknisinya tidak ada kebocoran, hanya mampet, dia mengganti filter lalu diisi freon lagi. Setelah itu kulkas kembali normal, tetapi 2 minggu yang lalu masa;ah itu terulang lagi. Kira-kira masalahnya sama gak ya?


Hartono, Karawaci


Jawab:


Masalah seperti ini agak sulit kalau hanya berdasarkan laporan bapak saja, akan lebih baik kalau tim kami melakukan pemeriksaan terhadap kulkas bapak, sehingga hasilnya lebih akurat. Bisa saja masalah yang terjadi 6 bulan yang lalu terulang lagi, terlebih menurut bapak teknisi hanya melakukan penggantian filter. Seharusnya untuk masalah mampet atau tersumbat, cukup banyak hal yang harus dilakukan, diantaranya, flushing evaporator dan condensor, penggantian oli compressor, pengantian filter, dan penggantian strainer. Untuk hasil terbaik, juga harus dilakukan pemeriksaan kondisi compressor, dengan melakukan semua hal itu maka sumber permasalahan dapat diketahui dengan pasti dan hasilnyapun akan maksimal. Untuk itu, alngkah baiknya bila tim kami dapat melakukan pemeriksaan lengkap pada kukas bapak.


(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)


Tanya :

Gimana cara ngatasin masalah AC yg tibaitiba berhenti dan lampu indikator operasinya berkedip-kedip,tegangan di indor dan outdor unit masih tetap 220v..

Maman, Balikpapan

Jawab :

Untuk permasalahan seperti yang dialami AC anda, dimana AC mendadak mati atau off, diiringi dengan lampu berkedap kedip, perlu kami beritahukan sebelumnya, bahwa AC memiliki proteksi yang secara otomatis mematikan unit AC tersebut bila sensor membaca adanya gangguan yang dialami oleh AC tersebut, hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih jauh, sedangkan lampu yang berkedap kedip adalah indikasi adanya kerusakan pada unit AC tersebut.

Untuk gangguan yang terjadi, kami tidak bisa memastikan, karena masalah kecil yang terjadi pada AC anda, indikasinya tetap sama, yaitu AC mendadak mati diiringi dengan lampu yang berkedip.

Bila anda memberitahukan merk,type, dan nomor seri AC anda, juga interval berkedipnya lampu pada indoor, hal itu akan lebih memudahkan kami dalam menganalisa kerusakan yang terjadi pada AC anda.

(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)


Tanya :

Dear pak,

mau tanya masalah AC split saya di bagian tubing yang kecil timbul bunga es atau ES trus AC nya gak dingin kira2 apa yah masalahnya ? makasih  .....

Dedi Rosihan Rosadi, via E-mail

Jawab :

Timbulnya bunga es pada tubing (pipa) kecil, disebabkan oleh kurangnya tekanan gas (refrigerant/freon) pada AC bapak. Hal yang paling umum terjadi adalah adanya kebocoran pada AC (untuk detail kebocoran,harus dilakukan pemeriksaan), sehingga freon berkurang. Untuk perbaikan AC tersebut, tentu saja titik kebocorannya harus diperbaiki terlebih dahulu, setelah dipastikan tidak ada kebocoran, maka dilakukan proses vacuum, yang dilanjutkan dengan pengisian ulang freon. Setelah semua hal dilakukan, maka AC bapak akan normal kembali.

(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC)

Tanya :

saya punya ac split panasonic 6 buah,karena kabel nol dari pln putus imbasnya terjadi kerusakan pada fuse 2 A pada ac,setelah diganti fuse yg baru ternyata milar pada pcb ac pecah, sekarang ini saya belum dapat part tersebut.yang saya tanyakan apakah ada kemungkinan part lain yang rusak/yang perlu dideteksi sehingga saya dapat segera memperbaiki.dan bagaimana cara mendeteksi kerusakan trafo ac.terima kasih

Bp. Bobi Aldoko, Via E-Mail:
Jawab:
Sebelumnya, saya ingin mengetahui, apakah keseluruhan AC bapak mengalami kerusakan yang sama? kalau iya, saya dapat memastikan terjadi kerusakan yang cukup serius pada AC Bapak, terutama bagian Kontrolnya ( Modul). Biasanya hal ini disebabkan karena adanya tegangan lebih (melebihi 220 V) yang akhirnya merusak Unit AC tersebut. Untuk kasus Bapak, saya rasa tegangan lebih itu yang akhirnya memutuskan 1 fasa, dalam hal ini kabel nol, tetapi sebelum gangguan tersebut merusak/memutuskan kabel nol, AC bapak sudah rusak terlebih dahulu.

Untuk kerusakan pada kompresor, biasanya tidak terjadi, karena kompresor memiliki proteksi (overload), dan juga kompresor cenderung 'tahan' pada gangguan seperti ini, sepanjang tidak terjadi untuk jangka waktu tertentu dan overload masih bekerja dengan baik.

Sedangkan untuk modul kontrol, memang cenderung lebih mudah rusak akibat tegangan lebih, karena menggunakan arus lemah (DC 12 V) sehingga bila terjadi tegangan lebih, maka arus yang masuk melebihi 12 V dan akhirnya merusak modul kontrol dam memutuskan fuse.Bila setela diganti fuse, ternyata ada kerusakan lain, bisa dipastikan ada beberapa kerusakan yang terjadi pada modul kontrol tersebut, kami sarankan Bapak menggunakan jasa Teknisi ahli untuk memeriksa kerusakan yang terjadi.

Sedangkan untuk memeriksa trafo (dalam hal ini saya berasumsi trafo yang terdapat pada modul kontrol), cukup mudah bila Bapak memiliki dasar dalam bidang kelistrikan, khususnya arus lemah/elektronika.


  1. Trafo biasanya memiliki 4 kaki, 2 kaki Input, dan 2 kaki Output.
  2. Berikan arus 220 V pada kaki input trafo tersebut.
  3. gunakan volt meter untuk mengukur tegangan pada kaki output.
  4. Pastikan tegangan pada kaki output adalah 12 V dengan toleransi +/- 10% dari tegangan normal (12 V)
  5. Bila tegangan tidak mencapai atau bahkan melebihi angka tersebut, dalam beberapa kasus bahkan tidak ada tegangan sama sekali pada kaki output, maka dapat dipastikan trafo tersebut rusak.

Demikian, semoga jawaban saya dapat membantu Bapak, bila , menurut Bapak jawaban saya kurang jelas atau tidak memuaskan, saya harap Bapak dapat mengirimkan kembali E-mail kepada saya.

Terima kasih.

(Aridya Supervisi, solusi perbaikan AC dan service AC, Chiller, dan Peralatan Pendingin lainnya)

Tidak ada komentar: