SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Sabtu, 07 April 2012

Memperbaiki Printer T1100 'General Printer Error'

Stylus Office T1100
Kali ini saya dapat kerjaan memperbaiki printer Epson A3+, Stylus Office T1100. Begitu di cek indikator tinta nyala, kerjaan ringan nih pikirku. Karena printer diinfus biasanya cartridge setelah direset dengan cara mencopot dan memasang kembali cartridge infus printer sudah bisa buat ngeprint. Dan memang bisa....Saya kabari pemiliknya langsung dapat bayaran.

Dua jam kemudian saya dapat SMS dari pemilik printer ternyata printer belum bisa digunakan. "Waduh" tadi sudah bisa sampai pemiliknya jadi error lagi.
Printer pun akhirnya kembali diservice. Saya coba printer ternyata indiator led tinta dan kertas berkedip-kedip, di komputer keluar peringatan " General Printer Error." Pusing nih....kemudian printer kubongkar.......
Tampak printer setelah dibongkar

Saya cek Purge Unit baik-baik saja, kubolak-balik malah kepala tambah pusing....Saya amat-amati printer inchi demi inchi. Sudah dua jam belum ketemu juga masalahnya. Kuseruput teh manis yang sudah dingin biar kepala rada kendor. Nampak ada tetesan tinta kuning dari Carriage Unit( tempat menempelnya tinta dan head), mungkin menetes ketika printer kubalikan tadi. Sepertinya head ketumpahan tinta nih....Tak pikir panjang head dicopot dan ternyata benar, "kebanjiran", Soket konektor head kena tinta. Segera kukeringkan dengan tissue dan kubersihkan soket dengan cara memasukan kertas tebal ke soket sehingga tinta nempel di kertas.
 
Bagian yang bermasalah: Head Printer

Gambar di atas merupakan gambar Head Print T1100, bagian yang dilingkari merah adalah soket yang terkena tinta. Setelah soket dibersihkan printer pun dirakit kembali. Cantik...Akhinya printer bisa normal kembali.

Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar: