SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Sabtu, 18 Juni 2011

Mesin cuci berputar 1 arah

Perbaikan mesin cuci

Sengeti, 18 Juni 2011

Pada post yang sebelumnya saya sedikit berbagi tentang bagaimana memeriksa mesin cuci yang bermasalah (mati). Dan ini adalah part kedua yang ingin saya bagikan untuk anda.

Part kedua ini memeriksa mesin cuci pada keadaan mati setelah kita yakin bahwa arus listrik telah berjalan dengan baik. Selanjutnya kita memeriksa pada bagian timer yang ada pada dash board mesin cuci.

Timer pada mesin cuci dalam hal ini model mesin cuci yang saya bahas adalah semi otomatis bukan digital atau terserahlah bagaimana anda menyebutnya.

Ada dua timer disini yaitu timer untuk mencuci (wash) dan timer untuk pengering. Fungsi timer adalah untuk membatasi seberapa lama dinamo motor penggerak akan berputar juga sebagai switch (penghubung) arus listrik yang masuk ke dinamo motor penggerak juga sebagai pengatur arah putaran dinamo baik kekiri atau kekanan.

Akibat kerusakan pada timer ini akan menyababkan :

1. Mesin cuci tidak berputar sama sekali
2. Mesin cuci berputar, namun hanya searah (kekiri saja atau sebaliknya).

Jika mesin cuci anda mengalami hal tersebut maka bisa dipastikan timer mengalami kerusakan. Sebaiknya anda ganti saja timernya dengan yang baru , karena harga timer untuk beberapa jenis masih terjangkau.

Yang perlu anda perhatikan adalah memahami dengan benar jalur kabel yang mengarah dari dinamo dan timer itu sendiri.

secara umum dinamo mempunyai 3 kabel, warna hitam mengarah pada aliran listrik dan warna biru, kuning mengarah pada timer. Dan di timer itulah terjadi adanya pengaturan penghubungan arus listrik sehingga dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sekian dulu dari saya, apabila anda merasa kurang jelas silahkan post komentar yang mungkin saya dapat sedikit membantu kendala

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya awam mengenai kelistrikan, mau tanya dong om, bentuk timer nya itu seperti apa?
Biasanya ada di posisi mana di mesin cuci?