Selasa, 21 Juni 2011

Mengecek kapasitor

Sengeti, 21 Juni 2011

Bagaimana Cara Periksa Capacitor ?
Jika motor pada mesin cuci anda membuat suara bersenandung, tetapi tidak jalan, periksa kapasitor. Jika kapasitor dibuka, motor tidak akan jalan.
langkah
1 Lepaskan kapasitor start dan menggunakan obeng untuk mempersingkat dua terminal dan debit listrik dari itu. (Menyentuh obeng di dua terminal / discharge kapasitor menyimpan energi).

Analog Meter
1.Set analog meter Anda pada 1k ohm.
2 Sentuh dua terminal dengan meter Anda mengarah tes ohm.
3.Reverse cara Anda menyentuh dua terminal dengan meter Anda mengarah tes ohm.
   *Jarum di meteran Anda harus ayunan ke 0 ohm dan berayun kembali ke infinity setiap kali Anda membalik memimpin ohm meteran pada kapasitor mulai..
    * Jika tidak itu, kapasitor baik.

Kapasitor

Macam-Macam Kapasitor
Jenis Kapasitor Berdasarkan Polaritasnya
Kapasitor Nonpolaritas
Kapasitor ini tidak mempunyai kaki positif dan negatif sehingga cara pemasangan pada rangkaian elektronika boleh bolak-balik. Yang termasuk kapasitor ini adalah kapasitor mika, kapasitor keramik,kapasitor kertas, dan kapasitor milar.
<span class="fullpost">




Kapasitor Polaritas
Kapasitor ini mempunyai kaki positif dan negatif, sehingga cara pemasangan pada rangkaian elektronika tidak boleh terbalik.






Variabel Condensator ( Varco )
Kondensator ini dapat diatur dengan cara memutar rotor (as) yang ada pada badan komponen.




Kondensator Trimer
Kondensator ini dapat diatur dengan cara memutar rotor (as) yang ada pada badan komponen, tetapi harus mengunakan 

obeng.



Kapasitor Berdasarkan Bahan Penyekat Konduktor ( Dielektrikum)
Kapasitor Keramik
Kapasitor Tantalum


 
Kapasitor Inti udara

Kapasiitor Elektrolit

Kapasitor Kertas

Kapasitor Mika / Milar

Kapasitor Polyester

Tipe Kapasitor berdasarkan Dielektrikum
1. Variabel Condensator ( varco )
Kondensator ini dipakai untuk tuning atau mencari gelombang radio. Jenis ini mempunyai udara sebagai dielektrikum.Kapasitor variabel mempunyai pelat-pelat yang stasioner (stator) dan pelat-pelat yang digerakkan (rotor ), biasanya terbuat dari alumunium. Dengan memutar tombol, luas plat yang berhadapan dapat diatur sehingga kapasitas kapasitor dapat diubah-obah. Dengan mengubah kapasitor frekuensi dapat distel.
2. Kapasitor Keramik
Kapasitor ini menpunyai dielektrikum keramik. Kapasitor ini mempunyai oksida logam dan dielektrikumnya terdiri atas campuran titanium-oksida dan oksida lain. Kekuatan dielektrikumnya tinggi dan mempunyai kapasitas besar sekali dalam ukuran kecil.
3. Kapasitor Kertas
Kapasitor ini mempunyai dielektrikum kertas dengan lapisan kertas setebal 0,05-0,02 mm antara dua lembar kertas alumunium.Kertasnya diresapi dengan minyak mineral untuk memperbesar kapasitas dan kekuatan dielektrikumnya.
4. Kapasitor Mika
Kapasitor ini mempunyai elektroida logam dan lapisan dielektrikum dari polysteryne mylar dan teflon setebal 0,0064 mm. Digunakan untuk koreksi faktor daya. Seperti uji visi nuklir
5. Electrolit Condensator( Elco )
Kapasitor ini mempunyai dielektrik oksida alumunium dan sebuah elektrolit sebagai elektroda negatif. Elektroda postif terbuat dari logam seperti alumunium dan tantalum tetapi sebuah elektroda negatif terbuat dari elektrolit. Tebal lapisan oksidanya adalah 0,0001. Dalam rangkaian elektronika sebagai perata denyut arus listrik
 
 
Tabel Nilai Dielektrikum
Bahan Angka dieklektrikum
Hampa 1
Udara/gas lain 1
Air suling 80
Kertas farafin 2,2
Mika 5,5-7
Porselen 5,5
Tantalum 27
Olie paranol 4,5
Olie silikon 2,8
Teflon 20
Keramik 5-100

Tidak ada komentar: