SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Senin, 20 Juni 2011

Mesin cuci mendengung dan tidak mau berputar

Mesin cuci mendengung dan tidak mau berputar


Sengeti, 20 Juni 2011

Tahap troubleshootingnya adalah sbb:

1. Kerusakan ada pada kapasitor motor tersebut, kalau sudah rusak maka harus ganti, tapi kalo sudah bisa berputar tapi tabung tidak ikut berputar maka ada kemungkinan Belt atau sabuk putus.

2. Kemungkinan lain adalah motor itu macet karena Bearing/lager rusak jadi sebaiknya kalau tidak ahli dalam bidang ini jangan melakukan perbaikan sendiri, bawa pada bengkel/ahlinya.

3. Kalau motor sama sekali tidak berputar bahkan menyebabkan turunnya sekering di rumah, atau malah tercium bau hangus, ada kemungkinan sudah terbakar dan harus digulung ulang.

4. Sebaiknya segera bawa ke bengkel/tukang service.

Nah untuk mesin cuci dirumah kapasitor bentuknya seperti ini :



Untuk memastikan rusak apa tidak, harus di test dengan multitester atau avometer, berhubung tidak punya dan berdasarkan pengalaman tukang service tersebut hasilnya belum tentu akurat, pada saat ditest bagus akan tetapi waktu dipasang tidak bagus. Jadi bagaimana cara testnya, ya harus beli yang baru. hehe.
Ok lanjut.  Sebelum beli tentunya harus tahu ukurannya dong, setelah dilihat ukuranya adalah 12 mikro farad 500v. Kemudian coba googling dulu dimana beli dan harganya berapa, ternyata tidak mendapatkan hasil, 
saya tanya sama tukang service dinamo dengan ukuran yang sedikit berbeda yaitu 12.5 mikro farad 450v. Gpp lah beda sedikit ini, daripada gak ada, harganya adalah 25 ribu, dan ternyata ini sama dengan kapasitor pompa air di rumah. Nah bentuknya seperti ini :



Kemudian langsung pasang dan hasilnya seperti ini :



Ok setelah dipasang tahap berikutnya yang pasti adalah testing, ternyata BISA BERPUTAR. Akhirnya BERHASIL juga. Hehe. Lumayan sedikit berhemaaaat.

Sebagai informasi mesin cuci dirumah merk SHARP ES-F650PY. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: