SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Sabtu, 16 Oktober 2010

Bongkar Printer Epson C45 sendiri – Membersihkan Ink Absorber (Modal Nekad)

Bongkar Printer Epson C45 sendiri – Membersihkan Ink Absorber (Modal Nekad)
Berawal dari mulai gak jelasnya tinta yang keluar dari printer gw dan berakhir dengan tewasnya semua cartridge yang kemudian disusul dengan service error. Intinya ada bagian dari printer yang masa hidupnya sudah berakhir dan harus diganti. Awalnya berpikiran cartridge yang sudah harus pensiun atau filter tinta (waste ink absorber) yang penuh. Karena pusing lagi butuh buat nge-print alhasil ni dijadiin kelinci percobaan hehehe…modalnya nekad doang…klo gagal ya rusak hihihi…
Langkah – langkah yang saya lakukan :
1.  Bongkar dahulu printer, siapin alat bedah , obeng, tang, cemilan dan kopi…hehehe. klo dah siap buka satu satu bautnya dan klip kunci bagian samping (ada 2 kiri n kanan).
Open it Pictures, Images and Photos
sori klo fotonya rada ngeblur, maklum pake hape duank, mana udah keburu sore…..

2.  Buka dengan hati hati penutup bagian belakang printer, tempat sembunyinya si ink absorber. penutup ini menyatu dengan penahan kertas. Hati hati disini ada pegas (per,spring) yang berfungsi mendorong kertas ke depan saat proses print berjalan,  jangan sampe ilang, gua aja ampe kaget tu pegas mental keluar….mayan gede pegasnya hihihihi
daleman 4 Pictures, Images and Photos
daleman C45 Pictures, Images and Photos
3. Nah akhirnya kelihatan juga biang kerok yang bikin printer error. tuh kan kelihatan, letaknya ada sebelah kiri dari gambar, ada selang kecil yang mengalir dari cartridge di depan. liat gambar di bawah.
daleman lagiii Pictures, Images and Photos
4. Cabut satu persatu ink absorber yang ada, klo bisa gunakan sarung tangan plastik, jangan gunakan tangan kosong…..bisa kotor jadinya hwehehe…kek punya saya, tangan jadi hitam.
cabut spons Pictures, Images and Photos
cabut spons 2 Pictures, Images and Photos
5.  Nah ini adalah ink absorber yang sudah penuh sama tinta, wups…klo dihitung ada berapa mL tinta yang sudah diserapnya yah….
spons yg tercabut Pictures, Images and Photos
Nah kalau sudah silakan di cuci bersih sih sih…pake air yah, jangan pake minyak hehehehe….
pake air dingin boleh, air hangat boleh…asal jangan air panas sama air keras , saya gak tanggung jawab klo pake yang ini
spons yg masih kotor Pictures, Images and Photos
mulai bersih Pictures, Images and Photos
Rendam busa 1 Pictures, Images and Photos
Nah sudah mulai bersih nih, tapi tangan gue malah tambah kotor….ah sial…. bersihkan semua sampe warnanya jadi putih kembali, klo perlu cuci pake deterjen, kasih pemutih trus di cat hihihihi..
6. Nah selanjutnya balikin lagi deh satu persatu klo dah bersih, sekalian bagian dalemnya dibersihin juga, karena ada tinta yang menetap di tankinya.
ambil spons1 Pictures, Images and Photos
Kalau sudah selesai semuanya tutup kembali, dan pasang bodi printer kembali.
Tutup kembali Pictures, Images and Photos
catatan : jangan pernah mengutak atik di bagian catridge karena ada bagian yang sensitif, seperti pegas mini, kunci catridge dll, hal ini saya alami karena saya kira awalnya catridge yang bermasalah, jadi saya lepas catrdigenya….alhasil mau pasang lagi gak bisa, butuh waktu berjam jam masangnya abis emang saya gak bisa hehehehe….
7. Selanjutnya pastikan kamu udah punya program resetter epson (sscserve), kalau bisa yang terbaru, silakan tanya paman gugel atau kalau males nih ambil dari sini DOWNLOAD SSCSERVE
silahkan instal dan jalankan programmnya, eits jangan lupa set printernya dulu ke tipe epson C45 oke.
8. Selanjutnya lakukan reset counter ink dari printer kita, syaratnya ink absorber kita harus sudah bersih (Klo bisa kering) atau sudah diganti baru klo punya duit. caranya klik kanan di system tray sscserve, lalu pilih “Protection Counter” dan pilih “Reset Protection Counter”. oke … selesai . matikan printer dan nyalakan ….tugas melelahkan akhirnya kelar juga..
Image Hosted by ImageShack.us

Tidak ada komentar: