Pengguna avast antivirus khususnya avast free alias gratisan, sekarang telah tersedia avast free antivirus 5. Seperti namanya, avast free antivirus merupakan versi terbaru non komersil yang di buat oleh  ALWIL Software untuk menggantikan versi pendahulunya yaitu avast home edition.  Ini berarti untuk versi home edition kemungkinan mentok di versi 4.8 :D . Karena cukup penasaran, akhirnya saya menjajal avast versi  5.0.418 ini yang di luncurkan kemarin. Tentunya setelah saya meng-uninstall avast home editon 4.8 pada komputer saya.
Berbeda dengan versi avast home edition, avast free antivirus 5 tidak mengharuskan merestart PC untuk proses scan. Di sini timbul pertanyaan saya, apakah PC sudah dianggap bebas dari gangguan penyakit oleh avast versi ini ?,  atau pihak ALWIL sebagai pengembang memang meniadakan fitur autoscan setelah instalasi tersebut. Kalau demi alasan simple dan praktis okelah. Tapi ini kan demi keamanan. Ga masalah kalau PC nya memang benar-benar bebas dari penyakit. Nah kalau sebaliknya avast free antivirus ini di pasang pada komputer yang sakit, rasanya fitur autoscan seharusnya tetap ada.
Avast Free Antivirus 5.0.418
Avast Free Antivirus 5.0.418
Dilihat dari segi interface dan tampilannya lumayan oke. Boleh saya bilang lebih keren dari versi avast home edition. Empat warna kombinasi terdiri dari warna  hitam, orange, putih dan hijau membuat tampilannya sedap di pandang mata. Yang paling menarik adalah tampilan pada sub tab “Real-Time-Shield” yang telah mendukung layaknya tampilan sebuah task manager pada windows.
Real Time Shield
Real Time Shield
  • Versi baru tentu mempunyai fitur-fitur baru.
Lalu apa fitur baru dari avast free antivirus 5 ini ?. Fitur baru tersebut adalah Intelligent Scanner, Behavior Shield dan Silent/Gaming Mode. Lebih jelasnya mengenai fitur-fitur baru ini silahkan lihat lagi di situs resminya.
Kemudian apa persyaratan untuk dapat menggunakannya ?, Avast 5 ini dapat di gunakan pada PC dengan sistem operasi Windows 2000, XP, 2003, Vista, Windows7,  XP64, Vista64 dan Windows7 64. Untuk mencoba dan menjajal kemampuan dari software antivirus gratisan ini, silahkan download melalui link dibawah ini. Ukuran file kurang lebih 42 Mb.
Download avast free antivirus 5.
Download database avast free antivirus 5.