SELAMAT DATANG DI BLOG LKP TRI ARGA MUARO JAMBI JLN. LINTAS TIMUR KEL. SENGETI KEC. SEKERNAN KAB. Ma.JAMBI PROV. JAMBI

Rabu, 29 September 2010

Format Baru Lomba Lembaga Kursus Berprestasi Tahun 2010

Posted by admin on Mar 8th, 2010 and filed under Info Kursus. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
Format Baru Lomba Lembaga Kursus Berprestasi Tahun 2010
Workshop
Sampai dengan bulan September 2010, jumlah lembaga kursus dan pelatihan masih belum berubah dari 22.829 lembaga (sumber : Subdit Pengembangan Informasi Kursus, Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Th.2010). Dari sekian banyak lembaga kursus tersebut, sebagian besar masih terkonsentrasi di Pulau Jawa, sedangkan di pulau lain masih sangat kurang. Dilihat dari mutu kelembagaan, sarana­prasarana, program, manajemen, investasi dan lulusan lembaga kursus sangat beragam.
Keberagaman inilah yang mendasari perlu adanya lembaga kursus dan pelatihan yang dapat dijadikan contoh/panutan dalam pengembangan kualitas lembaga, program, manajemen dan lulusan. Hasil pelaksanaan lomba pada tahun-tahun sebelumnya juga terlihat sebaran pemenang masih banyak yang berasal dari pulau Jawa, sedangkan pemenang dari luar jawa masih sedikit.
Berdasarkan data dan fakta diatas, melalui Lomba Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2010 diharapkan ditemukan lembaga-lembaga kursus dan pelatihan lainnya khususnya yang berasal dari luar jawa yang dapat dijadikan contoh oleh lembaga kursus dan pelatihan lainnya, dalam hal peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, sehingga perbedaan kualitas dan kuantitas antara lembaga kursus dan pelatihan antara pulau jawa dan luar Jawa dapat tereduksi, sehingga pada akhirnya nanti semakin banyak lembaga kursus dan pelatihannya memenuhi standar nasional dan internasional. Disamping itu, diharapkan juga dari kegiatan lomba ditemukan indikator-indikator yang dapat dijadikan acuan atau referensi oleh semua pihak termasuk Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) dalam pengembangan instrumen standarisasi kelembagaan kursus dan pelatihan.
KATEGORI DAN JENIS LOMBA
Lembaga Kursus dan Pelatihan yang dapat mengikuti Lomba Lembaga Kursus dan Pelatihan Berprestasi Tingkat Nasional Th. 2010 dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori LKP  Nasional/internasional dan LKP Standar Pelayanan Minimal (SPM)/rintisan.
Lomba LKP berprestasi tingkat Nasional juga dibagi menjadi dua jenis yaitu : Lembaga kursus dan pelatihan jenis vokasional dan lembaga kursus dan pelatihan jenis non vokasional. Secara umum LKP yang dapat mengikuti lomba lembaga kursus dan pelatihan berprestasi adalah sesuai rumpun kurs

Tidak ada komentar: