Sabtu, 14 April 2012

cara merubah antena parabola untuk akses internet gratis

posting x ini cm sebaga tambahan bwt broooo semua… pasti sangat bermanfaat…
Selama ini kita hanya melihat TV dari berbagai macam Stasiun TV swasta maupun TVRI. Juga TV luar negeri melalui melalui parabola yang menerima siaran TV luar negeri melalui Satelit.
Teknologi ini memang hanya dapat menerima saja (downstream) karena DVB yang berformat digital dapat dilalui paket data internet yang berformat TCP/IP.
Untuk upstream internetnya harus disediakan oleh ISP lokal baik melalui media wireless ataupun cable. Referensi untuk teknologi ini dapat diakses melalui:
” Digital Video Broadcasting is harmonized digital TV that covers all media (satellite, cable and terrestrial). It supports Internet services at speed up to 6 Mbps and can be used on mobile devices http://www.3gnewsroom.com/
Peralatan yang dibutuhkan Untuk terselenggaranya Internet melalui teknologi ini, perangkat yang dibutuhkan adalah:
1. Antena Parabola TV
Merupakan antenna parabola TV yang biasa kita lihat sehari hari pada rumah-rumah penduduk yang menggunakan parabola TV untuk melihat TV luar negeri dari satelit.
2. DVB Card
Merupakan card slot PCI yang dapat dipasang pada komputer pada slot PCI yang tersedia.
3. LNB
LNB bias anya terpasang pada ujung antenna parabola dan hal ini merupakan yang terpenting. Merk Norsat merupakan standard industri dalam teknologi DVB ini. Norsat 8215 Digital, 15 Kelvin.Norsat products are engineered to be DVB-compliant. Silakan Anda lihat pada alamat www.norsat.com/industry/glossary.h tm
Dari keterangan di atas akan dapat dikembangkan menjadi sebuah topologi internet yang lebih lengkap sebagai berikut:
Dari gambar di atas menunjukkan bahwa akses internet downstream didapat melalui satelit dan DVB Router PC. Komputer yang dianjurkan hanyalah Pentium 2 dengan RAM minimal 128 MB. Anda juga bisa meng-install linux dan driver DVB-nya.
Upstream akan di sediakan oleh ISP lokal, baik melalui teknologi wireless ataupun cable.Hal ini akan me nyebabkan efektifitas biaya karena pada umumnya kebutuhan downstream lebih besar daripada upstream.
Upstream digunakan hanya untuk request http, ftp, dan smtp email. Sedangkan downstream dibutuhkan oleh akses browsing, gambar, video dan lain sebagainya.
Biasanya kebutuhan upstream berbanding downstream adalah 1:4. Artinya jika downstream 1 Mbps maka upstream dibutuhkan hanya sekitar 256 Kbps.
Hal hal yang perlu diperhatikan
Agar sistem ini dapat berjalan dengan baik maka hal yang perlu diperhatikan adalah pembukaan open filter IP pad a upstream provider. Artinya ISP lokal yang melayani upstream harus memperbolehkan IP (Internet Protocol) dari akses downstream melewati jaringan mereka (router mereka) . Sebagai contoh IP dari Hawaii Pasific Teleport http://www.hawaiiteleport.com/ 216.236.100.0/24 harus di open filter di router ISP lokal yang melayani upst ream sehingga sistem ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.
semoga sukses ya,,,

Kamis, 12 April 2012

LKP TRI ARGA MUARO JAMBI

Lembaga Kursus dan Pelatihan TRI ARGA COMPUTER MUARO JAMBI didirikan dengan tujuan agar Masyarakat mengetahui Ilmu Komputer, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan para warga belajar.
Berikut Visi misi tujuan Lembaga Kursus dan Pelatihan TRI ARGA MUARO JAMBI

Visi
Menyiapkan warga belajar yang terampil dalam bidang Komputer sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional sehingga dapat mengisi peluang kerja dan menciptakan peluang kerja dalam bidang komputer.

Misi
Menyiapkan sumber daya yang handal dibidang komputer baik Instruktur, Media Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan jaman.

Tujuan
Turut Serta membantu program pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran khususnya di Kelurahan Sengeti Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi dan Provinsi Jambi Pada umumnya.

Selasa, 10 April 2012

Internet Pake Parabola

Internet Broadband Satellite

Broadband adalah salah satu jenis koneksi internet berkecepatan tinggi (high speed internet access) dengan menggunakan akses satellite. Broadband dibagi menjadi 2 jenis, yaitu DSL & ADSL.

1. DSL - Digital Subscriber Line adalah tipe modem yang ditugaskan untuk Basic Rate ISDN yang merupakan konfigurasi dari modem dan saluran. Pada performansi puncak, modem jenis ini dapat mentransmisikan data dalam dua arah secara simultan (data duplex). Perangkat ini sama dengan perangkat yang ada pada ISP - Internet Service Provider. Yang jelas mahal sekali. Jadi dalam tulisan ini tidak dibahas!

2. ADSL - Asymmetric Digital Subscriber Line merupakan salah satu jenis Broadband yang paling murah dan berkecepatan sangat tinggi. Untuk melakukan pengiriman sinyal (upstream) bisa dengan kecepatan 512 kbps, dan untuk menerima respon [downstream] bisa mencapai 8 Mbps. Kali ini kita akan membahas salah satu keluarga dari ADSL, yaitu: “One Way Satellite” [satellite satu arah]. Koneksi jenis ini disebut Asymetric [tidak seimbang] karena downstream yang dihasilkan jauh lebih besar dibanding upstream yang kita request. Pada prinsipnya kedua teknologi di atas sama, yang membedakan hanyalah layanan yang diberikan serta perangkat keras yang digunakan.

Perangkat yang akan saya bahas ini tidak jauh berbeda dengan perangkat di rumah-rumah yang menggunakan parabola biasa dipakai untuk menonton televisi siaran-siaran luar negeri. Hanya dengan bermodal kurang lebih Rp.1.500.000,- buat pembelian parabolanya dan DVB-nya sudah cukup! Percayalah, dunia akan berada di tangan anda!

Skema Downstream - Upstream
images01

Ilustrasi Broadband One Way Satellite, menggunakan Dual Connection. Upstream & Downstream secara terpisah. Upstream 56KBps (Dial-Up) & Downstream 2MBps (Satellite).

Catatan: Reciever yang digunakan pada lab ccard saat ini adalah reciever internal, yaitu PCI DVB CARD VisionPlus.

Sekarang kita akan bahas sistem kerja ADSL dan bagaimana cara mensetup-nya. Disini saya tidak akan mengajarkan bagaimana cara untuk mendapatkan aksesnya secara gratis. Semua itu tergantung dan berpulang pada hasil kreasi serta inovasi Anda sendiri. Untuk koneksi jenis ini kita memerlukan system dan perangkat sebagai berikut.
Basic system requirement:

Pentium 120MHz IBM PC
32MB RAM
2MB VGA card
Windows 95/98SE, NT atau 2000, Linux
PCI slot, sound card dan speakers
30MB Hard Disk Space
DVB receiver card atau USB box
Koneksi Internet ke ISP (Dial-up | ISDN | Dedicated Line dan lain-lain.)
Minimum Modem 28.8 kbps
PPTP account (umumnya di dapat dari penyedia jasa Broadband)

images02Sedangkan dari sisi hardware lainnya yang dibutuhkan adalah Satellite Dish berdiameter minimum 1.8 M. Ukuran tergantung lokasi. Jika yang solid gunakan ukuran 6 feet, namun untuk dish non-solid sebaiknya pakai ukuran minimum 9 feet.

images03LNB (Digital Loop C-Band LNB). LNB jenis C-Band ini adalah LNB yang paling umum di gunakan dirumah-rumah untuk menangkap siaran televisi luar negeri.

images04Kabel Coaxial, RG 11 atau RG 6

images05Konektor type F

images06PCI DVB Card [DVB card yang lumayan bagus adalah merek KiSS. Kalau ingin menghemat biaya dapat menggunakan yang lebih murah seperti VisionPlus]

Instalasi:

Untuk pemasangan parabola jika Anda awam saya sarankan sebaiknya meminta bantuan ahlinya. Hubungi ahli yang terdekat. Untuk jasa pemasangan unit parabola harganya sangat relatif. Anda bisa melakukan negosiasi untuk hal ini. Tarif yang umum berkisar Rp.100.000,- hingga Rp.150.000,-.

Pada saat negosiasi Anda minta si tukang parabola tersebut untuk men-setup arah dish ke satellite Asiasat-4 (122.0 derajat timur, Frequensi 4120, polarisasinya Horizontal, bitratenya 27.500, vitebri rate 3/4 ). Untuk lebih jelas mengenai Asiasat-4 Anda bisa membacanya di: http://www.lyngsat.com/asia4.html. Bila Anda ingin mencoba mengkalkulasikan posisi yang lebih akurat, silahkan coba di sini, http://www.asiasat.com/eng/05_technical/calculation.html

One Way Satellite

Bila semuanya telah siap dan terpasang sempurna, Anda harus terlebih dulu tahu satellite mana yang akan digunakan. Anda harus bisa memastikan bahwa satellite yang akan digunakan memang menyediakan fasilitas transfer data.

Bagaimana caranya menentukan satellite mana yang ingin kita gunakan dan bagaimana caranya agar kita tahu bahwa satellite tersebut memiliki fasilitas data transfer?

Caranya adalah sebagai berikut :

Silahkan download dulu software SatcoDX yg terbaru! Anda dapat mencarinya di alamat berikut http://www.satcodx.info/Setup.exe. Bila link tersebut sudah berubah Anda bisa menggunakan google untuk mencarinya. Jika Anda telah berhasil mendownloadnya segeralah menginstallnya. Kalau pada saat installasi program tersebut meminta kode aktivasi atau password, masukkan kode berikut [tanpa tanda kutip] : “837E183A8F792DB5DB6987DE74B8CA5B”.

Lakukan installasi hingga selesai. Kemudian klik Database Update. Proses update sangat penting untuk mendapatkan data-data satellite yang terbaru. Untuk menentukan koordinat lokasi Anda kliklah icon dengan gambar petir berwarna kuning di sebelah kiri atas. Ketika lokasi ditentukan nanti program SatcoDX tersebut akan menampilkan listing atau daftar nama-nama satellite yang dapat di akses dari koordinat Anda.

Dari listing yang ditampilkan program SatcoDX itu Anda akan paham beberapa hal, diantaranya :

a. Nama-nama satellite. Dengan mengetahui nama satellite Anda dapat melihat deskripsi dari satellite yang bersangkutan
b. Siaran TV dari tiap-tiap satellite. Termasuk keterangan apakah channel tersebut FreeTV [non comercial yang tidak diacak signalnya] ataukah PayTV [diacak], jenis encryption dari tiap-tiap channel PayTV kadang berbeda bentuknya.
c. Posisi satellite. Sangat penting Anda ketahui untuk mengeset arah parabola jadi lebih mudah.
d. Frekwensi satellite. Digunakan untuk menentukan jenis LNB yang akan kita gunakan. Contoh: C-Band atau KU-Band.
e. Jenis transmisi. Bagian ini digunakan untuk mengetahui satellite mana saja yang menyediakan transmisi data [data transfer untuk internet].

Beberapa Langkah Mencari Satellite Target Menggunakan SatcoDX












Software SatcoDX
images07
Pada tampilan awal, di sebelah kiri atas klik angka 4 yang tertera pada Map. Nomor 4 adalah zona Indonesia yang merepresentasikan listing satellite yg bisa dijangkau di Indonesia.
Setelah itu kita pilih Asiasat 4 pada daftar satellite untuk melihat posisinya. Di satellite Asiasat 4 ini silahkan Anda coba mencari sinyal transmisi dari “Speedcast” [speedcast adalah sebuah brand dari broadband satellite ADSL milik isatAsia.com yg akan Anda searching]

Lihat gambar cara menentukan lokasi akses dan menampilkan seluruh satellite yang berada dalam jangkauan.

Klik tombol “Show Selected Satellite” di sebelah kanan.
Dan dalam sekejap maka akan tampil listing satellite pada Zona 4 seperti tampak pada gambar dibawah ini.



Seluruh satellite yang berada dlm jangkauan.
images08

Pada gambar diatas tampak daftar sinyal dari Satellite Asiasat 4. Warna kuning merepresentasikan sinyal berupa data visual [Siaran Televisi Broadcast], warna hijau adalah sinyal berupa data yang kali ini akan Anda gunakan sebagai transmisi broadband ADSL.

Mengenal Istilah Dalam Tabel Chart SatcoDX

- Position Code and Satellite atau kode satellite dan posisi orbitnya.
- Type yaitu macam-macam tipe transmisi, di antaranya :

NON-PACKAGE

a. TV-DIG - sinyal televisi digital
b. TV-DIG-CRYPT - sinyal televisi digital ter-enkripsi
c. TV-HD - digital high definition television signal
d. TV-HD-CRYPT - encrypted digital high definition television signal
e. TV-ANA - sinyal televisi analog
f. TV-ANA-CRYPT - sinyal televisi analog ter-enkripsi

PACKAGE

a. DATA - data signal [ inilah yang akan Anda gunakan untuk broadband ]
b. R-DIG - sinyal radio digital
c. R-DIG-CRYPT - sinyal radio digital ter-enkripsi
d. R-ANA - sinyal radio analog
e. R-ANA-CRYPT - sinyal radio analog ter-enkripsi

- Ch No: adalah nomer channel yg diberikan oleh operator satellite
- Frequency: Downlink Frekwensi
- Pol: Tipe Polarisasi
H - horizontal
V - vertical
L - left circular
R - right circular

- Channel Name: Nama Channel
- Coverage: Untuk melihat apakah sinyal dari satellite yg ingin kita terima transmisinya dpt menjangkau daerah kita.
- Mode: Mode transmisi
- Crypt: Jenis Enkripsi [perlu diperhatikan! karena informasi ini akan kita perlukan untuk membuka enkripsinya]
- Audio/TT: Audio Subcarrier Frequency [hanya untuk transmisi analog]
- SR: Symbol Rate, dalam mega-symbols per detik
- FEC: Forward Error Correction
- V-Pid: Video Program Identification
- A-Pid: Audio Program Identification
- PCR 4DTV: Proprietary Channel Indicator
- SID: Service Identification
- TID: Transponder Identification
- NID: Network Identification
- Main Language: Bahasa pokok yang digunakan
- Country : Negara
- Original Name- Programming Type- Time Stamp: Menunjukkan apakah channel ini telah ditambahkan ke dlm database
- Contributor: -
- Confirmation: -
- Comments: -
- Transmission Number:

Registrasi

Posisi satellite Asiasat 2s atau Asiasat 4 telah siap Anda gunakan. Tapi bagaimana supaya Anda bisa terkoneksi ke internet? Setelah sampai di sini Anda bisa membuka salah satu situs penyedia layanan untuk akses data broadband seperti www.isatasia.com. Anda bisa memilih jenis layanan “One Way Satellite” untuk memulai registrasi di situs terkait.

Di halaman depan akan muncul beberapa opsi atau pilihan, yaitu layanan SkyBurst dan SkyBlast. Perbedaan antara kedua layanan ini adalah dalam kecepatan transmisi data downstream yang akan dialokasikan untuk Anda. Untuk SkyBurst transmisi maximum untuk downstream adalah sekitar 512 KBps, sementara SkyBlast bisa mencapai 1 MBps. Namun semuanya tergantung pada kemampuan maksimal DVB Anda untuk menerima transmisi data tersebut.

Setelah Anda menentukan jenis paket mana yang dipilih dan melakukan registrasi. Kemudian download-lah software client-servernya. Setiap penyedia jasa one way satellite seperti isatasia ini pasti punya satu aplikasi client server untuk menghubungkan account Anda dengan database mereka.

Catatan :



Speedcast

Broadband internet access (AsiaSat):
AsiaSat 2 and 4 satellites at 100.5 and 122 east.
Outlink: 60 Mbit/s from Hong Kong, 99.9% availability.
Customer terminals up to 1.5 Mbit/s.

Untuk mempercepat koneksi internet plexi

1. Software cFosSpeed versi 5.0 masih saya gunakan sampai saat ini
2. Ashampoo software versi 3.0
3. Merubah DNS

Caranya Buka Local Area Connection Status dengan menggunakan salah satu List DNS dibawah ini:

202.134.0.155 (nsjkt1.telkom.net.id) <– Jakarta Primary DNS
203.130.196.155 (nsjkt2.telkom.net.id) <– Jakarta Secondary DNS
203.130.196.5 (nsjkt3.telkom.net.id) <– dns untuk semua kota
202.134.1.10 (nssby1.telkom.net.id) <– Surabaya Primary DNS
202.134.1.7 <– Surabaya Secondary DNS
222.124.204.34 <– Bandung Primary DNS
202.134.2.5 (nsbdg1.telkom.net.id) <– Bandung Secondary DNS
203.130.208.18 (nssmg1.telkom.net.id) <– Semarang
203.130.206.250 (nsmdn1.telkom.net.id <– Medan
203.130.193.74 <– Batam
125.160.10.2 <– Aceh
203.130.196.6 (ns1.telkom.net.id) <– Default Primary DNS
222.124.204.34 (ns2.telkom.net.id) <– Default Secondary DNS 1
202.134.1.5 (ns3.telkom.net.id) <–Default Secondary DNS 3

Senin, 09 April 2012

Kerusakan Printer Canon Pixma Tarik Kertas Miring

Kerusakan Printer Canon Pixma Tarik Kertas Miring

Hal yang sangat sering dijumpai pada printer canon pixma terutama seri ip 1300, ip 1700, ip 1880, dan ip 1980 adalah kerusakan kertas selalu tertarik miring. Kadang penyebabnya memang cuma ada benda asing masuk printer yang begitu dibersihkan langsung normal. Tapi lebih sering penyebabnya adalah patahnya as roda penarik kertas.



 

Coba bongkar printer dan amati bagian paper load, lihat gambar. Disinilah sumber penyakitnya.

 

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari sebuah tutup tube sebuah lem atau salep, atau apalah yang ada. Lihat gambar, tutup tube ini hanya akan diambil bagian tengahnya saja untuk membuat as baru pada bagian yang patah.

 

Langkah berikutnya seperti pada gambar di atas, menyiapkan bagian tengah irisan tutup tube. Siapkan bagian ini beserta roller kertas yang patah.

undefined 

Kamu bisa saja menyambungnya hanya dengan lem, tapi tentu ini tidak akan kuat, ambil saja sebuah solder, gunakan untuk melelehkan bagian tepi sambungan, dan hasilnya jauh lebih kuat dari pada menggunakan lem. Pasang kembali dan printerpun kembali normal.


Semoga membantu .....

Sumber : saptomotok

Cara Reset Printer Epson Infus L100

Karena di bulan ini banyak pelanggan Saya yang membeli printer Epson L100, dan sudah saatnya Saya menuliskan tutorial untuk mengatasi blinking/error pada Printer tersebut apabila sudah penuh/full Ink Counternya. Printer Epson L100 ini memang di design untuk memenuhi kebutuhan konsumen khususnya konsumen di Indonesia yang membutuhkan jumlah hasil cetakan yang banyak dan untuk menghemat pembelian tinta atau Catridge. Dalam hal ini produsen terkenal Printer yaitu Epson menambah fasilitas produknya dengan menambahkan tangki tinta tambahan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya. Baik kita langsung saja ke pokok bahasan kali ini yaitu cara reset printer Epson L100 apabila sudah mengalami full ink counternya, silahkan di simak .......

Cara Reset Printer Epson Infus L100 :
  • Download dan ekstrak Software Reseternya disini dan Passwordnya scs       
  • Nyalakan Espon L100 dan pastikan Espon L100 sudah connect dengan komputer dan terinstall drivernya.
  • Kemudian jalankan Resetter Epson L100, dengan dobel klik file "AdjProg cracked.exe"
  • Klik "accept" >> "Particular Adjusment Mode" >> Pilih "Waste ink pad Counter reset" >> klik "Check" >> centang "main pad counter, FL box counter, Ink tube Counter", kemudian klik "Initialization" >> "Finish". Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :




  • Langkah selanjutnya matikan Epson L100, kemudian lepaskan kabel powernya.
  • Langkah terakhir pasang kembali kabel power printer dan nyalakan, tunggu beberapa saat sampai Epson L100 selesai start up dan Epson L100 akan kembali normal.
Demikian tutorial mengenai cara reset Printer Epson Infus L100. 
Selamat mencoba .....    Semoga berhasil..........

Cara Reset Printer Epson R230 dan R220

Sobat Solution ada yang menggunakan Printer Epson seri ini?, Printer Epson R220/R230 adalah printer yang lumayan bagus untuk cetak photo dari kamera digital atau dari kamera hanphone juga bisa untuk mencetak label CD. Printer seri ini juga sama dengan printer-printer lainnya yang apabila Ink Counternya sudah maksimal maka perlu di reset dan juga harus diganti gabus tinta buangan yang terdapat di dalam printer, kenpa? karena mungkin gabus nya sudah tidak bisa menyerap tinta buangan lagi disaat printer melakukan head cleaning, atau lebih bagus lagi kalau Sobat keluarkan saja selang pembuangannya (di modif), biar ngga usah ganti gabus lagi. Tapi kali ini Saya hanya akan membahas Cara untuk meresetnya saja tentunya dengan menggunakan Software, ok langsung saja dibaca ya........


Berikut Cara Reset Epson R230 dan R220

  • Seperti biasa Printer driver harus sudah di install
  • Kemudian Sobat Download Software Resetter nya disini
  • Ekstrak dan install software nya dengan cara klik 2x file "sscserve"
  • Setelah di install, hidup kan Printernya
  • Lalu jalankan programnya dan pilih seri printer yang digunakan seperti terlihat pada gambar di bawah ini 


  • Kemudian klik icon sscserve di system tray yang ada di pojok kanan taskbar windows, lihat gambar


  • Selanjutnya Sobat pilih Protection Counter, dan Sobat klik Reset Protection Counter. Kemudian matikan printer sebentar dan hidupkan kembali.
  • Selesai...
Atau ada yang mau nyoba resetter R220/R230 yang dari indoreset nggak?, kalau mau coba silahkan klik disini untuk download softwarenya. Saya belum nyoba sih, hasilnya share ya...
 
 Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba......

Cara Mengatasi Printer Epson TX111 Catridge Tidak Terdeteksi dan Catridge Lama Kembali Ketempat Semula

Apabila Sobat pengguna Printer Epson Multifungsi TX111 ini mengalami masalah Catridge tidak Terdeteksi dan Catridge Lama Kembali Ketempat Semula, jangan bingung. Silahkan coba dulu tips di postingan Saya kali ini, mungkin bisa membantu .......
 
 
  • Catridge lama kembali ke tempat semula 
Kondisi ini dikarenakan aliran listrik menuju pin catridge terputus, coba cek pada main board cari tulisan F1 dan F2 ( F = Fuse ) F1 dan F2 adalah Fuse atau sekring berbentuk R (resistor). cek mnggunakan AVO meter / Multitester, jika scala menunjukkan tersambung berarti fuse bagus dan jika menunjukkan putus ganti saja dengan Fuse yang lain atau ganti dengan R (resistor) dengan nilai yang kecil.
  • Port Scaner
Kalau port scaner dilepas berarti scaner tidak bekerja dan lampu indikator akan blinking. Kalau port scaner dipasang dan printer tidak bisa deteck catridge maka lampu indikator power dan tinta menyala. jadi scaner printer untuk kasus diatas adalah normal dan scanernya tidak bermasalah.

Selamat mencoba ......
Sumber : adnanservis

Masalah Status Monitor Epson C90

 E_FARNBZP.EXE = virus?
Gejala :
Kalo ngeprint pake printer Epson C-90 biasanya ada Status Monitor yang muncul (ada Ink Level dsb). Nah setelah ngeprint ternyata Status Monitornya gak bisa diclose, selalu muncul lagi muncul lagi. Kalo di-cek di Task Manager, ada file E_FARNBZP.EXE yang pindah-pindah lokasi terus kadang muncul 5 file atau lebih di status service task manager tersebut. Untuk mengatasi masalah status monitor tersebut adalah dengan cara mendisabel Epson status monitor pada Printer tersebut, ingin tahu caranya silahkan langsung di simak.





Cara penanggulangan :
- Control Panel, Printers and Faxes
- Klik kanan printer Epson C90-nya, pilih Properties
- Pilih tab Advanced
- Pilih tombol Printing Defaults
- Pilih tab Maintenance
- Pilih tombol Speed & Progress
- Pilih "Disable EPSON Status Monitor 3", lalu Ok.

Hasil search di internet sih katanya semacam Malware tapi belum bisa di-cure.
Alternatif lain adalah re-install driver printer.

Cara Reset Wast ink Counter Pada Printer Epson RX500

Sobat postingan Saya Berikut ini adalah mengenai bagaimana cara reset waste ink counter pada Printer Epson RX500. Barangkali Sobat ada yang memerlukannya, silahkan langsung saja dibaca dan semoga membantu ........



Berikut langkah-langkah untuk Reset Wast ink Counter Pada Epson RX500
  1. Tekan dan tahan semua tombol berikut: Daya/Power, Load / Eject, Stop, B & W, Color.
  2. Lepaskan semua tombol.
  3. Setelah printer menyala, Anda akan melihat "eeprom Init" pada layar printer.
  4. Tekan tombol Color untuk menghapus counter/reset.
  5. Selesai
Selamat mencoba .......

Cara Mengatasi Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat

Sobat kali ini adalah tentang printer Epson R210 dan R230 yang mengalami kerusakan lampu tinta dan lampu resume berkedip / blink merah dengan cepat. Kerusakan ini sering terjadi dan semoga dengan artikel ini mempermudah Sobat sekalian....




Cara Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat :

Indikasi awal :
Ketika printer dihidupkan, maka printer akan kelihatan normal dan melakukan kalibrasi dengan gerakan Head ke kanan dan kiri secara teratur. Akan tetapi di akhir proses kalibrasi printer berhenti total dengan lampu indikator tinta dan lampu resume (yg simbolnya kertas) berkedip / blink merah dengan cepat. Printer macet total.


Penyebab :
Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat, disebabkan oleh tertutupnya sensor dibawah head oleh tinta yg luber, dan akhirnya printer akan memproteksi dirinya dengan berhenti total.

undefined



Solusi Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat :


  • Bongkar Printer Epson R210 / R230. 
  • Ambil Headnya dan lihat Head bagian bawahnya, disitu akan anda temukan sensor kecil yg biasanya tertutup / tercelup tinta.

undefined

undefined

  • Bersihkan sensor R210 / R230 itu. 
  • Kalau masalah masih sama yaitu lampu Tinta dan Resume R210 / R230 masih berkedip / blink cepat, berarti anda harus mengganti sensor beserta kabelnya. 
  • Selesai dan printer siap dicoba .....

Selamat mencoba .....

Cara Memperbaiki Printer Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi

undefinedBerikut ini Saya akan mencoba berbagi mengenai printer epson Epson C90, T10, T11, T20, dan mungkin jenis TX yang tidak mendeteksi catridge. Cirinya walaupun printer epson sudah direset, tapi tetep saja lampu merah menyala terus. dan itu menandakan bahwa Catridge tidak terdeteksi.



Memang ada beberapa kemungkinan, Epson Catrdige Tidak Terdeteksi :

  • Catridge tidak pas terpasang di rumah catridge, caranya Lepas catridge dan pasang kembali 
  • Pin catridge kotor. caranya : coba bersihkan dengan penghapus pensil di bagian yg saya kasih panah ini. Kalau diperlukan kerik aja dg menggunakan cutter. Tapi ngeriknya tipis aja...


  • catridge Epson memang rusak, berarti harus diganti 
  • Board Printer Epson rusak. Lha tapi kalo boardnya yang rusak caranya gimana yaa....?

Berikut Cara Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi :
  • Bongkar printer dan ambil boardnya 
  • Perhatikan gambar berikut ini, dibagian yg saya lingkari itu adalah "fuse atau sekring " kecil. simbolnya F, dan itulah penyebab kenapa catridge epson tidak terdeksi walaupun sudah diganti dengan catridge yang baru. jadi sekringnya putus. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan Multitester dengan OHMmeternya, kalo nggak menunjuk angka nol berarti sekring putus.


  • Ganti sekring yg putus itu dengan sekring yang masih OK anda dapat mencarinya di board komputer yang rusak. Atau kalo anda susah mencari, diakali aja dengan menggantinya pake kabel satu serabut saja (langsung dihubungkan / di jumper ). Tapi cara ini beresiko kalo terjadi konslet ulang. 
  • Pasang kembali boardnya dan silahkan dicoba.


Kerusakan catridge epson tidak terdeteksi dengan ciri lampu merah menyala terus ini disebabkan oleh :
 
1. Konsletnya rumah catridge karena tinta yang bocor.
2. Kotoran dan debu yang lembab.
3. Faktor lainnya......

Selamat mencoba .....

Sabtu, 07 April 2012

Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson

Head buntu atau tulisan tidak keluar saat print adalah masalah yang sering sekali dihadapi oleh pengguna printer termasuk kita semua. Salah satu printer yang sering mengalami masalah head buntu adalah Epson. Dan kali ini akan membahas tentang Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson. Mari langsung menuju ke TKP ...

Penyebab Head Buntu pada Printer Epson :
1. Printer epson jarang di gunakan.
2. Printer epson jarang dilakukan perawatan ( misalnya print head cleaning ).
3. Sering berganti ganti jenis dan merk tinta epson
4. Terlambat untuk mengisi ulang tinta, sehingga terjadi overheat / kepanasan di head printer epson.

Peralatan untuk Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson :

1. Cairan pembersih head (head cleaner), merk terserah anda. Kalau didaerah anda sulit mendapatkan cairan ini, gunakan cairan pembersih kaca dicampur dengan sedikit alkohol dan air.
2. Suntikan dilengkapi dengan selang untuk nozzle head epson
3. Tissue

Berikut ini Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson :

1. Siapkan suntikan berisi 5ml cairan pembersih head dan tissue yang sudah di lipat, lalu pasang nozzle karet pada suntikan.



2. Posisikan head unit ke tengah printer dgn software atau manual, lalu ambil catridge dan cabut kabel power printer.
3. Geser Head ke pinggir, lalu pasang tissue secara merata di depan roll kertas printer.
4. Tancapkan selang pada tiang nozzle printer epson yang headnya buntu, lalu tarik suntikkan hingga 10ml, tekan suntikan perlahan lahan hingga cairan habis.


5. Jika tinta beku yang menyumbat yang mengakibatkan head buntu pada nozzle sudah keluar pada tissue, maka proses pembersihan nozzle telah berhasil.
6. Pasang kembali catridge epson yang sudah terisi tinta , Lakukan head cleaning dan print Nozzle check pattern secara software / manual. Dan head buntu pada epson sudah teratasi.

Demikian penjelasan tentang Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson, semoga bermanfaat!

Printer Infus Branded Pertama di Dunia L100/L200



Ini dia sob printer yang dinanti-nanti untuk menjawab kebutuhan konsumen EPSON L100 dan L200....
Belum lama ini produsen EPSON mengeluarkan produk printernya yang terbaru dimana printer tersebut sudah dilengkapi dengan sistem infus/ CISS. Dengan CISS kita tidak perlu lagi untuk sering-sering mengisi ulang tinta.
Begitu printer ini dirilis konsumen langsung tertarik karena garansi yang diberikan pihak EPSON 1 tahun itu termasuk garansi pada sistem infus. Berbeda dengan garansi sisten infus bila kita memasang di printer tanpa infus, garansi sistem infus hanya berlaku 1 bulan, sementara garansi printer sendiri menjadi hilang.
L100 dibandrol sekitar Rp.1.300.000. Mampu mencetak hingga 6500 lembar full colour , 12.000 lembar teks. Kecepatan cetak 27 ppm/15 ppm dengan resolusi 5760 dpi.
Untuk pemakaian user printer ini tergolong mahal, namun sangat cocok dipakai di instani ato perusahaan kecil seperti rental komputer.
Dalam paket pembelian printer L100 disertai 4 botol tinta CMYBk, plus dua botol extra Black. Epson memproteksi tinta dengan memberikan serial kode pada masing2 botol tinta. Kode ini harus dimasukan pada saat instalasi printer ke komputer. Agak ribet sih.... Namun demikian Epson menjamin dengan tinta asli head print tidak akan rusak atau buntu hingga pemakain 15.000 lembar
....dari berbagai sumber.

Memperbaiki Speaker Aktif Mati Sebelah


Hari minggu pagi ketemu sama Mas Pramono. Dia minta saya benerin speaker aktifnya yang mati sebelah. Kerjaan empuk nih, waktu kubongkar ternyata skrup-skrupnya dah terlepas semua. Kata Mas Pramono dia mau coba perbaiki sendiri ternyata tidak bisa. Malah tambah kacau, kabel-kabelnya pada copot. Untuk kondisi seperti ini saya cek semua transistor di bagian out amplifier dengan Multitester. Ditemukan 2 transistor putus TIP41C dan TIP42C. Segera beli ke warung elekronik seharga @Rp.2500. Pasang....dan "Dwerrr!" Speaker bunyi kwenceng.....Syukur.....dapat bayaran nih.

Memperbaiki Printer T1100 'General Printer Error'

Stylus Office T1100
Kali ini saya dapat kerjaan memperbaiki printer Epson A3+, Stylus Office T1100. Begitu di cek indikator tinta nyala, kerjaan ringan nih pikirku. Karena printer diinfus biasanya cartridge setelah direset dengan cara mencopot dan memasang kembali cartridge infus printer sudah bisa buat ngeprint. Dan memang bisa....Saya kabari pemiliknya langsung dapat bayaran.

Dua jam kemudian saya dapat SMS dari pemilik printer ternyata printer belum bisa digunakan. "Waduh" tadi sudah bisa sampai pemiliknya jadi error lagi.
Printer pun akhirnya kembali diservice. Saya coba printer ternyata indiator led tinta dan kertas berkedip-kedip, di komputer keluar peringatan " General Printer Error." Pusing nih....kemudian printer kubongkar.......
Tampak printer setelah dibongkar

Saya cek Purge Unit baik-baik saja, kubolak-balik malah kepala tambah pusing....Saya amat-amati printer inchi demi inchi. Sudah dua jam belum ketemu juga masalahnya. Kuseruput teh manis yang sudah dingin biar kepala rada kendor. Nampak ada tetesan tinta kuning dari Carriage Unit( tempat menempelnya tinta dan head), mungkin menetes ketika printer kubalikan tadi. Sepertinya head ketumpahan tinta nih....Tak pikir panjang head dicopot dan ternyata benar, "kebanjiran", Soket konektor head kena tinta. Segera kukeringkan dengan tissue dan kubersihkan soket dengan cara memasukan kertas tebal ke soket sehingga tinta nempel di kertas.
 
Bagian yang bermasalah: Head Printer

Gambar di atas merupakan gambar Head Print T1100, bagian yang dilingkari merah adalah soket yang terkena tinta. Setelah soket dibersihkan printer pun dirakit kembali. Cantik...Akhinya printer bisa normal kembali.

Semoga bermanfaat....

Memperbaiki Printer Epson TX121 Mati Total




Datang Printer Epson TX121 servisan dengan keluhan MATOT alias mati total. Pemiliknya juga rada pesimis dengan printernya apa bisa diperbaiki atau tidak. Kata dia printer belum lama dibeli dan printer sudah hilang garansi service center-nya karena printer diinfus. "Kemungkinan Logic Board-nya mas," saya mencoba menjelaskan kepada pemiliknya. Akhirnya printer ditinggal untuk dicoba diperbaiki.

Saya seruput kopi hangat dan coba memulai membongkar printer perlahan-lahan. Langsung menuju Logic Board yang merupakan otak printer. Perhitunganku kalau tidak power suplay ya boardnya.....



Waktunya menggunakan senjata andalanku MULTITESTER , Tes sana tes sini... Yang bisa di tes cuma Dioda karena komponen ini yang sering rusak dan memungkinkan untuk dilakukan pergantian. Akhirnya ditemukan satu diaoda (D1) dalam keadaan short. Sekedar info bagi newbie Dioda berfungsi menyearahkan arus listrik, dalam pengetesan dengan multitester bila dioda dites bolak-balik(Anoda ke Katoda, Katoda ke Anoda) ada nilainya maka dioda dalam keadaan short atau rusak. Seharusnya satu arah saja.



Komponen yang dilingkari merah merupakan bagian yang rusak.

Dioda yang rusak segera diganti degan dioda biasa (IN4001) yang saya beli dari toko elektronika seharga Rp.200.
Setelah dioda baru tersolder ke board printer dirakit kembali. Ternyata printer bisa hidup kembali dan bisa digunakan untuk printing serta scanning. Untuk kerusakan seperti ini User dikenakan jasa service sebesar Rp. 50.000 saja.

Semoga bermanfaat.

Memperbaiki Printer Epson TX121 Mati Total




Datang Printer Epson TX121 servisan dengan keluhan MATOT alias mati total. Pemiliknya juga rada pesimis dengan printernya apa bisa diperbaiki atau tidak. Kata dia printer belum lama dibeli dan printer sudah hilang garansi service center-nya karena printer diinfus. "Kemungkinan Logic Board-nya mas," saya mencoba menjelaskan kepada pemiliknya. Akhirnya printer ditinggal untuk dicoba diperbaiki.

Saya seruput kopi hangat dan coba memulai membongkar printer perlahan-lahan. Langsung menuju Logic Board yang merupakan otak printer. Perhitunganku kalau tidak power suplay ya boardnya.....



Waktunya menggunakan senjata andalanku MULTITESTER , Tes sana tes sini... Yang bisa di tes cuma Dioda karena komponen ini yang sering rusak dan memungkinkan untuk dilakukan pergantian. Akhirnya ditemukan satu diaoda (D1) dalam keadaan short. Sekedar info bagi newbie Dioda berfungsi menyearahkan arus listrik, dalam pengetesan dengan multitester bila dioda dites bolak-balik(Anoda ke Katoda, Katoda ke Anoda) ada nilainya maka dioda dalam keadaan short atau rusak. Seharusnya satu arah saja.



Komponen yang dilingkari merah merupakan bagian yang rusak.

Dioda yang rusak segera diganti degan dioda biasa (IN4001) yang saya beli dari toko elektronika seharga Rp.200.
Setelah dioda baru tersolder ke board printer dirakit kembali. Ternyata printer bisa hidup kembali dan bisa digunakan untuk printing serta scanning. Untuk kerusakan seperti ini User dikenakan jasa service sebesar Rp. 50.000 saja.

Semoga bermanfaat.